Category Archives: parenting

Cara mudah membuat anak tidur

Anakku Dylan umurnya 2 tahun dan belum sekolah. Semakin hari, energi nya semakin bertambah. Kayak ga habis-habis dan selalu aktif bergerak. Belakangan, pola tidur dia agak berantakan. Penyebabnya sih karena dia kemarin ini sempat sakit radang tenggorokan. Jadi pas sakit itu dia banyak tidur. Menjelang sembuh, energi nya seakan menumpuk lalu malah jadi susah tidur.

Pernah dia sampe jam 3 dini hari tuh masih juga susah tidur padahal gua tau dia sudah cape. Matanya sudah merah tapi masih keukeuh loncat-loncat di kasur. Setiap kali disuruh tidur, dia berontak dan kembali bangun. Sempat marah-marah sih gua.. hahaha.. secara udah beberapa hari berturut-turut gitu dia tidur sekitaran jam2-3 pagi. Kalau tidur jam segitu ya otomatis bangunnya juga jadi siang. Mau bangunin dia pagi2 juga ga tega. Kayaknya sudah berbagai cara gua coba. Dari bikin suasana kamar redup (yang malah bikin dia exciting ternyata!!), bikin dia nyaman dengan tubuh yang bersih dan baju yang baru diganti, minum susu, makan sampai kenyang, bikin aktivitas yang menenangkan (kayak baca buku atau liat2 gambar biar ngantuk, mainan puzzle bentar di kasur, coret coret buku di kasur), tapi kayaknya ga ada yang berhasil.

Pernah tuh maksain dia ga tidur siang demi majuin jam tidur. Sempat berhasil 1 kali, dia ga tidur siang trus malemnya jam 8.30 udah tepar. Besoknya bangun jam 6 pagi trus tidur siang jam 1-an. Tapi entah kenapa malemnya kembali susah tidur. My God. Rasanya nya nightmare banget. Ada kali dia semingguan lebih pola tidur nya kacau kayak gitu.

Lalu gua coba cara lain, yaitu dengan mengubah pola kegiatan dia sehari-hari. Katanya anak-anak itu kalau sore menjelang malam, sebaiknya jangan beraktivitas yang terlalu semangat. Gua pikir, bener juga sih. Dylan itu kadang kalau malam masih juga pengen main bola, lari-lari di rumah sambil ketawa-ketawa heboh, atau loncat-loncat ga karuan. Jadi gua coba ubah aktivitas dia. Dan ternyata BERHASIL sodara sodara… hahahaha… Sekarang sudah 1 minggu-an pola tidur dia perlahan kembali ke normal.

Jadi, aktivitas Dylan kira-kira kayak gini:
06.30 – Bangun, minum susu, jalan-jalan pagi, sarapan biskuit atau apalah yang ringan2, gosok gigi trus mandi.

rise and shine

rise and shine

09.00 – Main-main di dalam rumah abis mandi, nonton TV, guling2an di kasur (sambil mami nya beres2 ini itu), sarapan nasi atau apalah yang agak berat.
13.00 – Kalau dia gelagatnya ngantuk, ya tidur siang.

bobo siang yuuu

bobo siang yuuu

15.00 – Bangun tidur. Makan siang menjelang sore. Main di luar rumah, main bola atau apa yang heboh. Kadang bantuin nyiram kebon kalau sore, ngemil, dll

Cuci kolam bareng Opa

Cuci kolam bareng Opa

17.00 – mandi, ngemil, main2 di dalam rumah (aktivitas yang ga heboh)
19.00 – makan, santai-santai di luar kamar.
21.00 – siap2 tidur (lap2 badan, cuci kaki tangan, gosok gigi, ganti baju), main di kamar (usahain ga keluar kamar lagi), redupin lampu, minum susu, tidur deh..

bobo malem

bobo malem

Sementara sih berhasil dan biasanya dia mulai ngantuk menjelang jam 10 an. Kalau gua perhatiin, mulai ngantuk nya dia ini sedikit-sedikit mulai maju. Yang tadinya masih perlu 2 jam an dari masuk kamar untuk tidur, sekarang sudah mulai sekitar 1 jam an lah dia mulai ngantuk. Untuk saat ini dia ga bisa masuk kamar sebelum jam 9 karena pasti minta keluar kamar lagi. Alasannya macem2 dari mulai pengen ambil mainannya, minta makan buah/ngemil (padahal udah gosok gigi), pengen liat bulan lah, apalah.. pokoknya macem2. Jadi kalau sekarang gua harus cukup puas dengan dia tidur sekitaran jam 10 malam.

Sekarang tinggal giliran mami nya yang insomnia. hahahha..

Iklan

Dylan is almost 2

My baby Dylan is going on 2. Time flies so fast ya.. Masih suka kebayang pas dia dibawa masuk oleh suster untuk pertama kalinya pas abis lahiran. It feels like only yesterday.

Sekarang Dylan udah kayak gini

dylan2

Look how handsome ya si dylan πŸ™‚

Perkembangan Dylan menurut gua sih lumayan oke. Tapi gua kan mommy nya ya. Pasti bilang yang bagus2 soal anaknya. hahaha..Β Tapi gua akan berusaha netral ya. Ini gua mau listperkembangan si boss kecil:

  1. Udah bisa minta kalau mau sesuatu. Kayak misal pengen minum susu, pengen makan agar-agar, pengen ikut jalan-jalan, pengen balon, pengen mainan HP, pengen minta tolong ambilin sesuatu, pengen digendong, pengen main kembang api, pengen liat ikan.. hadeeeehhhh banyak pengennya deh pokoknya. Meskipun belum bisa bilang “Tolong…” tapi dia sudah sungguh tau cara meminta.. hahahahha..
  2. Udah bisa makan pakai garpu.. Kalau pakai sendok masih berantakan. hahaha..Β  malah dipakai main sama dia.
  3. Udah bisa diajak main bola. Bisa “passing” bola.. meskipun digelindingin sih. Dilempar bisa tapi ya gitu.. masih blm bisa ukur kekuatan lemparnya. Kalau digelindingin dia udh bisa kira2. Hehe..
  4. Udah bisa naik turun kursi sofa sendiri. Ini hobby barunya dia. Jadi kadang naik turun sofa, just because he can do it. Wkwkwkwkw…
  5. Udah bisa niru perilaku orang lain. And he’s good at it! Oh my…
  6. Udah tau makanan yang dia suka..
  7. Udah bisa nerusin lirik lagu kalo nyanyiiiii… kalau lagi iseng, trus gua nyanyi lagu Balonku misalnya, dia bisa nerusin lirik lagu yg gua nyanyiin. Dan dia cepat hafal. Kadang gua nyanyi lagu baru, palingan baru 2 kali gua nyanyiin. Tapi dia udah bisa hafal. Well, ga semua lagu dia bisa kayak gitu sih. Yang kata2nya gampang aja. Hehehehe.. How magical ya!
  8. Udah bisa marah-marah.. wkwkwkwkkw.. Kalau dipaksa makan, dia marah. Dipaksa tidur, dia marah. Dipaksa mandi, dia marah. Harus dibujuk-bujuk. Ga bole main hp, marah. Ga bole mainan sapu, marah. GaΒ  bole mainan air, marah. Ga bole mainan sampah, marah juga. Hadeeehhhh…
  9. Udah bisa cemburu doi… hohohohooo… Kl gua cium pipi ama nyokap, dia ga suka. Nyokap gua disorong ama dia. Trus gua nya ditarik2.. wkwkwkwkw… Kl udh gitu, gua suka bilang “kenapa ga bole cium ema??? gapapa Dylan, ini ema doang. Gapapa cium” trus gua ciumin nyokap gua. Trus dia masih marah.. wkwkwkkw.. Trus gua suruh dia cium nyokap gua, dia mau sih. Tp masih suka marah kl gua cium2 nyokap gua. wkwkwkw.. Anehnya, kalo ke bokap gua, dia ga masalah.. Boleh gt gua cium pipi bokap. Cium pipi suami gua juga ama Dylan boleh.. hahahahaha So cute!!

2013-12-27 16.38.08
Itu tadi hal-hal yang Dylan udah bisa. Sekarang gua mau list tentang hal-hal yang Dylan suka πŸ™‚

  1. Dylan suka diajak jalan-jalan. Terutama ke mall, terutama ke supermarket.. ckckck..anak jaman sekarang..
  2. Dylan suka ikut2an kalau ada orang buka pintu. Pintu apa aja.. ada yg buka kulkas, dia pasti lgs cepet2 nyamperin ikut sibuk liat isi kulkas. Ada yang buka pintu depan, dia lgs cepet2 lari nyamperin pengen ikut jalan keluar rumah..kl ada yg buka pintu kamar jg gitu, pintu lemari baju juga.. hadeehhh…
  3. Dylan suka makan. Semua makanan pengen dia icipin. Meskipun nanti ada sih yang makanan dia ga suka, dia ga mau lagi. Tapi kalau yg dia suka, dia pasti minta lagi.. wkwkwkkw. Sejauh ini dia suka semua makanan.. hahaha.. Palingan ada tahap bosen aja. Misal lagi bosen nasi, ya ga mau makan nasi dia.
  4. Dylan suka musik. Kalau ada musik, dia pengen ikut joged. Hahaha..
  5. Dylan suka nyanyi.
  6. Dylan suka teriak-teriak dan jerit-jerit.
  7. Dylan suka lari-lari.
  8. Dylan suka manjat-manjat, terutama manjat mommynya. Dimana ada pijakan, dia pasti manjat. Mommynya penuh gumpalan lemak yang bisa jd pijakan dia. So he likes mommy πŸ˜€
  9. Dylan suka menyusun barang. Dia udah bisa nyusun balok dan tau kalau yang ujungnya runcing, ga bisa ditaro balok lagi di atasnya. Jadi dia tukar sama yang bentuknya datar. Dan dia tau kalau bentuknya ada yang sama. Magical..
  10. Dylan suka lampu, bulan, bintang, mobil, kereta api, binatang-binatang. So many things that fascinated him. He likes to grab thins out of a table, He likes to suddenly stops to watch something, He likes to learns everything new. Almost everything attracks him. Hahahaha..

Overall Dylan is happy and healthy. That’s important, right. I just adore him. He is my happy place. Meskipun kalau lagi cape fisik (dan hati juga sihh.. wkwkkw) kadang gua suka kesel krn dia susah diatur. But he’s only almost 2. That’s what he do when he’s 2. Hahahaha.. Jadi ya emang harus disabar-sabarin aja.

But he’s so amazing. Kadang dia tau kalo gua lagi kesel. Jadi kadang pas mau bobo, he looks at me with somekind of a look that makes me wanna hug him and cuddle him and kiss him. Hahaha.. He’s like a reminder for me to always be thankful for everything. So yeah, it’s kinda nice to have a child πŸ˜€

PhotoGrid_1388491661171

The Story of Binky

Day 58 – Maternity Leave
Fri, 7 Sept 2012

Si Binky yang ajaib ini sahabat karibnya Dylan. Penolong di saat udah desperado buat bikin nangisnya Dylan brenti. Hahahaha…

Awalnya, gua dan suami ragu untuk pakai jasa si Binky ini. Takutnya Dylan jadi makin manja, makin tergantung, dan ga bisa lepas dari empeng. Belum lagi nyokap gua bilang waktu kecil gua ngempeng dan musti diboongin dulu biar mau lepas tu empeng… hahahahahaa… ampun deh. Dulu diboongin katanya empengnya mau dipinjem ama si puss.. heheheh

Setelah banyak pertimbangan dan mikir ini itu, akhirnya sang suami pun beli empeng. Tu empeng sempet nganggur dulu di lemari selama beberapa hari, masih bertahan untuk ga pake empeng. Sampe akhirnya kita cape sendiri buat bikin Dylan bisa tidur tanpa di gendong dan di ayun-ayun dulu. Iya, doi udah keburu kebiasaan digendong kl mo bobo. Maklum lah, sindrom anak pertama, cucu pertama, laki pula… abis deh doi dimanja ama mami papinya en oma opa nya.. hahahahhaaa

Awalnya sempet kasian gitu ngeliat Dylan antusias banget kenalan ama si Binky. Doi seneng kalo dikasih si Binky. Langsung bisa tenang, nangisnya berenti, en seisi kampung pun bisa bernafas lega. Hahahaha.. menurut penelitian yg gua baca entah dimana (saking banyaknya artikel yg gua baca, baca sekilas sih.. sekedar info aja), katanya empeng gapapa dipake selama pemakaiannya secara bijak. Bijaknya ini nih yg susah…

Soalnya kadang kita udah kecapean banget, ngebiarin Dylan ngempeng sampe tidur. Ga dilepas ama kita. Gua selalu usahain sih, begitu dia pulas, empengnya gua ambil. Hehehe.. kadang dia bangun. Kalo dia kebangun trus nangis, ya udah dipasang lagi.. Tapi kalo dia ga nangis ya gua ga kasih lagi. Kadang berhasil, kadang dia minta si Binky.

Tapi, akhir2 ini gua perhatiin, Dylan udah bisa ngatur sendiri juga. Dia kalo ga nyaman masih suka nyariin Binky. Tapi kalo dia udah pulas, ato udah merasa nyaman, dia kadang ngelepas sendiri tu Binky. Ga pake nangis. Heheheh.. lega nyaaaaa.. πŸ˜€ Katanya emang anak cowok cenderung ga gitu doyan ngempeng. Tapi who knows ya, itu kan cuman mitos.. hehehe. Kalo udah lepas ya udah, langsung diamankan barang buktinya.

Cara mudah untuk nyabut empeng kalo dia udah tidur sebetulnya susah susah gampang. Musti tau triknya.
Kalo gua, biasanya gua ikutin dulu gerakan dia ngisap tu empeng. Kadang dia ga lagi isap sih, cuman di gigit doang, kalo lagi di gigit, kita tarik pelan2 tar dia biasanya lgs isap2.
Nah, gerakan isap itu kan berirama ya, pas gerakannya keluar, kita ikutin dan jgn sampe empengnya keisap lagi ke dalam. Kalo udah terlanjur keisap lagi, jgn paksain lepas.. tapi ikutin lagi, sampe pas gerakannya keluar, lgs deh kita ambil. Cara ambilnya agak ditekan ke bibir bawahnya dia. Biasanya, itu bikin mulut dia agak terbuka lebar, jd lebih mudah untuk nyabut si empeng.

Tapi kadang empengnya cuman menggantung doang di bibirnya dia. Ya udah, lgs aja diambil kalo udah kayak gitu mah. hehehehe…

Untungnya, si Dylan ini tipe bayi yg kalo emang dia udah pulas, ya pulas. Mau digoyang2 gimana juga agak susah untuk terbangun. Bunyi2an juga asal ga bikin kaget, dia biasanya ga bangun. Tapi kalo belum pulas mah.. waduuuhhhh, boro2 lah. Bunyi dikit aja bisa bikin dia buka mata lagi. Hehehehe… pernah tuh kita bangunin dia sampe abis sejam cuman buat mandi doang. Sampe air hangatnya jadi dingin lagi. hahaha.. mudah2an ga terbawa susah bangun ampe dia gede ya. Bisa repot kalo mau bangunin dia buat pergi sekolah.

So, anyway.. akhirnya gua menyimpulkan, si Binky ini masih aman kok untuk dipakai. Selama pemakaiannya bijak. Jangan buru2 kasih empeng tiap dia nangis. Cukup seperlunya aja. Kayak misal pas ganti popok, Dylan biasanya suka nangis jerit2… nah, kl udah kayak gitu, boleh deh dikasih empeng dulu biar agak tenang. Ato pas dia gelisah banget pas mau bobo. Pokoknya usahain begitu dia keliatan udah bisa menenangkan diri, kita ambil aja empengnya. Jadi ga kebiasaan. Menurut artikel yang entah gua baca dimana, bayi dibawah 6 bulan emang butuh gerakan menghisap untuk menenangkan dirinya. Karena umur segitu, bisanya ya cuman kayak gitu. Kalo udah 6 bulan lewat, baru deh harus waspada kalo masih kecenderungan nyari empeng setiap dia nangis. hehehehe..

That’s it. Cerita singkat tentang si Binky. Semoga bermanfaat dan semoga si Binky hanya temporary aja ya.. hehehehe…

Happy parenting, y’all πŸ™‚

%d blogger menyukai ini: