Category Archives: Dylan 3 tahun

Hunting Preschool untuk Dylan (Part 2)

Ok. Kali ini gw ‘nemu’ tempat untuk Dylan beraktifitas. Nemu karena memang ga sengaja. Dan tempat ini ternyata bukan semacam preschool (preschoolnya baru akan buka bulan juni nanti, karena masih baru). Saat ini baru ada kelas Gym. Dan yang dimaksud gym itu ya gym. Jadi ga ada acara duduk di kelas, full aktifitas fisik. Oh, ada deng semacam session Story Telling.

Tempatnya namanya My Gym
Letaknya di dalam Aeon Mall, sebelah Celebrity Fitness. Kalau pakai lift dari foodcourt bawah (deket supermarket) naik ke lt. 3. Di sebelah kanan ada tangga jalan ke atas. Disitulah tempatnya.

Tempatnya tentulah tidak seluas GymAdemics kemarin ya. Dia hanya 1 ruangan aja. Karena memang kan focus ke gym.

Sekolah ini adanya di dalam mall. Jadi memang semua aktifitas di indoor pakai AC.
(+) aman dari nyamuk, bersih ga banyak debu, ga gerah.(+) mami senang karena ada alasan pergi ke mall.. hahahaha
(+) tempat nunggu lebih enak karena ya, di mall..

Waktu sekolah (well, bukan sekolah sih): seminggu hanya 1x.
Agak mengecewakan sih karena hanya 1 kali seminggu. Tadinya gua berharap ya minimal 3x lah ya biar agak meresap gitu ke anaknya. Lebih intense. Tapi kalau member, dia ada free play sih, yg maksudnya kita boleh datang untuk main2 di sana. Tapi ga ada materinya. Jadi bener2 free play aja. Well, oke juga sih. Ya semacam kita kalau main2 ke tempat fitness aja gitu, coba2 alat. Hahaha

Pas ikutan trial (yang masih gratis karena lagi open house), Dylan super excited. Langsung dia masuk ga pake minta ditemenin. Hahaha.. Good job, kiddo!
Seperti biasa, ada pemanasan sebelum mulai gym. Tapi no doa session, karena ya ini kan gym bukan sekolah. Hehehee.. doa dalam hati saja.

Yang gua liat sih, karena mungkin masih baru ya jadi intruktur nya agak ribet gitu. Sibuk buat nyusun alat, ngatur anak2, pasang lagu, dll. Kurang kebagi tugasnya. Trus pergantian materi 1 ke materi lainnya agak terlalu cepat. Entah apa karena lagi trial jadi dipadatin. Katanya sih nanti ya tiap minggu materinya beda.
Ngatur anak2nya kurang disiplin sih, kayak dylan gitu antri nya nyelip2 nyerobot dibiarin aja. hehehe.. Little things sih, tapi gua gregetan. Hahahha
Instruktur nya jagain anak2nya banget which is gua bisa ngerti sih karena itu trial ditonton ama ibu2nya anak2. Hahaha.. tapi gua gemes karena seharusnya sih anak seumur Dylan ga perlu dipegangin pas lg naik tangga untuk main seluncuran (kecuali keliatan anaknya kesulitan). But it’s okay sih. It means kan instruktur nya ga mau anak2nya kejedot atau gimana. Overall tempatnya save sih. Bersih juga. Nice lah.

Kesimpulan:
Dylan suka (ya dia mah selama byk gerak, kyknya suka aja sih). Gua mungkin akan masukkin Dylan di sini sih. Apalagi ternyata dapat diskon 50% untuk sodara kandung. Jadi kayaknya Saka pun akan gua masukin ke sini. Hahahhaha…

Biaya:
Trial: GRATIS
Uang Member/bulanan: 2.5 juta per 2 bulan (kl lgs 5 bulan ada harga khusus lagi)
No uang pangkal

1blog2blog3blog4blog

Iklan

Hunting Preschool untuk Dylan (Part 1)

Salah satu PR terbesar gua tahun ini adalah masukin Dylan ke sekolah. Karena dia baru 3 tahun, jadi mungkin masuknya preschool/kelompok bermain gitu kali ya..

Sebenernya masukkin dia ke sekolah itu bukan cuman buat adaptasi dia doang sih. Tapi buat gua juga. Karena gua juga kan harus adaptasi ama rutinitas dia. Ritme dia sehari-hari pasti bakal berubah.

Nah, yang bikin lumayan tertohok adalah masalah biaya. Hahahhaa.. sebenernya gua udah menduga sih, biaya pendidikan itu memang ga bisa dibilang murah. Tapi ya bukan berarti mahal jaminan mutu juga sih. Cuman menurut gua pribadi lho ini, sekolah untuk anak (apalagi anak seumur dylan ya) yang harus penting diperhatikan itu adalah fasilitas. Ini mencakup kebersihan sih terutama. Karena anak segitu kan suka ga aware ama perbedaan bersih/kotor. Trus ke kamar mandi pun belom bisa bener2 bersih kan. Fasilitas bisa mencakup macam2 sih, ga cuman kebersihan aja. Alat2 belajar nya juga apa aja buat merangsang perkembangan dia. Banyak faktor sih..Agak ribet jelasinnya.. hahaha.. yg jelas, kriteria sekolah mungkin bisa beda2 antara ortu satu ama yg lainnya.

Kalau masalah pengajar dan gaya belajarnya (montessori/bukan) itu balik lagi ke tiap anak sih. Cocok2an. Ga bisa dipukul rata.

Jadi, ini survei gua based on Dylan cocoknya aja dan ga berarti yg ga cocok di Dylan bakal ga cocok di anak lain. Ini juga sebagai dokumen gua juga sih, buat tar pas giliran adiknya Dylan masuk sekolah, gua bisa inget2 lagi. Hahaha…

Ok, karena posting masalah ini bakalan panjang, gua akan bagi2 aja ya. Kali ini part 1 nya adalah sekolah yang Dylan coba pertama kali.

GymAdemics di Gading Serpong.
Sebenernya ini sekolah gua udah incer2 sejak lama banget.. Sejak Dylan masih umur 1,5 tahun gitu. Pernah juga nyamperin pas Dylan umur segitu. Tertarik karena di sekolah ini ngutamain banyak gerak dan juga ngajarin anak mengenal huruf/angka/kata gitu pakai flash card. Lupa tau sekolah ini darimana. Jadi gua memang udah penasaran banget. Hahaha..

Sekolah ini adanya di ruko. Jadi memang semua aktifitas di indoor pakai AC.
(+) aman dari nyamuk, bersih ga banyak debu, ga gerah.

Nah akhirnya Dylan ikutan trial nya. Dia suka suka suka banget. Pengajarnya dipanggil dengan sebutan uncle dan aunty.

Waktu Sekolah: Tiap hari selasa s.d Sabtu (Minggu dan Senin libur). Kelas Dylan itu terbagi option 3 sesi. Jam 8, 11, atau 3 sore. Karena gua bukan morning person (iya, gua tau harus berubah.. hahaha), so gua selalu datang ke kelas yg jam 3 sore. Enaknya disini fleksibel sih, kl pas anaknya ga bisa jam 8 boleh datang ke jam 11. Pas kemarin liat2 (blm trial) ada yg lagi belajar merangkak anak 11 bulan. Dia pagi udah dateng trus sore di rumah ga tau mau ngapain, jd sama mama nya dateng lg ke situ untuk main2.. boleh kayak gitu. Udah kayak rumah kedua, katanya. Enak sih, kayaknya memang. Welcome banget lah.
1 sesi nya sekitar 1,5 jam an. Kalau udh join, ada kelas tambahan utk belajar nulis gt sekitar 45 menit-1 jam.

Yang diajarin: Tiap hari beda2 sih, tapi rutinitasnya adalah pertama diawali dengan nyanyi2 pake gitar. Welcome song gitu nyanyi pake ada selipin nama2 anak yg hari itu datang. Abis itu doa (just info: sbnrnya gua krg tau ini sekolah based on agama tertentu atau tidak ya, tapi berdoa nya sih umum ga pake sebutan salah satu agama. Jadi mungkin berdoa sesuai agama masing2 aja. Uncle nya yg pimpin. Netral sih.)
Abis itu nyanyi2 lagi sambil nari2. Trus dilanjutin ama cerita dan flash card sesuai tema/cerita seminggu itu. Seminggu topik ceritanya sama. Mungkin biar masuk ke anak ya itu huruf2 dan kata2 di flash card.
Abis itu ke lantai 3 buat gym nya. Ini favoritnya Dylan. Biasanya dimulai ama lari dulu lalu pemanasan. Baru aktifitas hebohnya. Lari, jungkir balik, jalan setapak (pakai kayak balok dan setapak2 gitu lah dibikin kayak alur/rute gitu beda2 tiap hari). Kadang juga ada adegan manjat2nya. Oiya hari Selasa sblm gym, ada upacara bendera dulu sebentar.
Abis nge-gym, turun lagi ke lantai 2 untuk cooling down. Kayak pertama kali itu, nyanyi pakai gitar, nari2 bentar, flash card lagi. Dylan bosan. Hahahaha.. pengennya dia lebih ke aktifitas fisik.
Oiya pas kapan hari itu ada semacam food testing gitu. Anak2 dibagiin mangkok isi jamur enoki. Disuru pegang, smell, trus ya observasi kecil gitu ke jamur. Abis itu nyobain jamur. Dylan suka tuh cara belajar kayak gitu. Dia bisa diem merhatiin. Tertarik gitu. Uncle/Aunty nya sambil cerita sekilas terkait informasi jamur tadi.
Pas hari selanjutnya ada aktivitas bikin kerajinan tangan. Beda2 lah tiap hari.
Udah deh, 1.5 jam ga berasa. Oiya, kalau udah member nanti ada assestment liat anaknya udah bisa nulis apa gimana gitu. Tar diajarin nulis ama baca juga. Karena Dylan masih trial, jd itu cuman diinfo aja. Ga bisa ikutan kelas nulisnya.

Oiya, disini juga terima anak dengan kebutuhan khusus. Kelasnya (dan jam nya) beda.

Kesimpulan:
Dylan suka banget. Tiap hari semangat banget kalau mau pergi ke sini. Cocok buat Dylan karena bener2 banyak aktivitas fisiknya.

Biaya untuk kelasnya Dylan:
Trial 500.000 untuk 5 hari.
Uang Pangkal 13 juta
Uang bulanan 15 juta/6bulan
Bulan januari 2016 ini ada promo free 2 bulan

blog1blog2blog3

 

%d blogger menyukai ini: