Mencoba Reksa Dana di Tokopedia

Sudah lama sebenarnya saya ingin mencoba Reksa Dana dan Tabungan Emas di Tokopedia. Namun baru kali ini kesampaian. Kali ini, saya memulai kedua tabungan tersebut dengan dana masing-masing 500 ribu. Sengaja saya simpan dana dengan jumlah yang sama agar dapat sekalian membandingkan lebih menguntungkan yang mana? Apakah Reksa Dana? atau Tabungan Emas?

Ok. Mari kita mulai.

Reksa Dana

  1. Menu Reksa Dana dapat ditemukan pada Category > Keuangan > Reksa Dana
    reksadana1
  2. Setelah klik pada menu “Reksa Dana”, maka Anda akan ditampilkan halaman seperti ini:
    reksadana2a
  3. Klik tombol “Beli Reksa Dana” untuk memasukkan dana investasi. Saya sudah melakukan transaksi seperti terlihat di gambar, tersimpan Dana Investasi sebesar 500 ribu. Proses pembelian Reksa Dana ini sangat mudah dan cepat. Langkah-langkahnya pun mudah seperti kita melakukan pembayaran ketika belanja online.
  4. Anda dapat memasukkan dana investasi minimal 10 ribu, jadi untuk mempunyai tabungan Reksa Dana ini sangat terjangkau.
  5. Seperti terlihat pada gambar, pada saat itu tertera keuntungan per tahunnya adalah 5.533%. Saya ini masih awam dan kurang paham detail cara kerja Reksa Dana, namun jika kita lihat penjelasan detail tentang keuntungan per tahun ini apa, penjelasannya adalah sebagai berikut:
    reksadana3
  6. Silahkan googling sendiri ya untuk informasi lebih detail apa itu NAB. Di sini saya hanya ingin membandingkan mana yang lebih untung, Reksa Dana atau Tabungan Emas dengan cara langsung menabung di sana.
  7. Anda juga dapat mengaktifkan feature berlangganan pembelian Reksa Dana, namun saya belum ingin mencobanya. Mungkin nanti saya akan coba juga.

Dana yang masuk, masih perlu diproses oleh sistem untuk menjadi unit reksa dana dalam waktu sekitar 2 hari. Jadi ga langsung keliatan keuntungan harian dan total keuntungannya.

reksadana4

Demikian proses awal dalam mencoba Reksa Dana di Tokopedia. Saya membuat tulisan ini sekaligus sebagai catatan saya untuk melihat perkembangannya di kemudian hari. Semoga bermanfaat dan mohon maaf jika kurang detail. Tulisan mengenai Tabungan Emas, akan saya posting terpisah agar tidak terlalu panjang.

Btw, pakai kode referral saya ya biar kamu juga bisa dapat cashback sebesar 5% dengan maksimal 20 ribu untuk investasi pertama kamu, jika dana investasi tersebut tidak kamu jual kembali dalam waktu 30 hari.

Kode Referralnya adalah:

0dyiows3v

Silakan tulis di kolom komentar jika Anda memiliki saran dan kritik ya. Thanks!

Iklan

Satu tanggapan untuk “Mencoba Reksa Dana di Tokopedia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s