I thought you were a foreigner

“Saya pikir, kamu orang luar..” celetuk si kokoh empunya ekspedisi.

Baru kali ini sih gua kirim barang lewat ekspedisi yang cabangnya di sini. Si kokoh empunya ini nyeletuk sambil senyum, “bahasa inggris anakmu bagus banget!” dengan nada kagum.

Gua ya hepi lah, namanya anak dipuji. Semacam validasi atas didikan yang gua terapin ke anak gua. Hahahaha.. oh well.

Abis itu, ngobrol sama si kokoh. Yang ujungnya kita membahas bahwa anak2 jaman sekarang kurang kenal sama bahasa daerahnya. Gua pikir, iya juga sih. Dylan – anak gua yang bahasa inggrisnya bagus itu (ini bacanya jangan pakai nada sombong yeee) – kadang suka ikut ikut kalau gua nyeletuk istilah bahasa sunda. Tapi sebatas itu aja. Gua ga spesifik ngajarin dia bahasa daerah.

Lalu gua mengingat-ingat, kapan pertama kali gua belajar bahasa inggris. Kayaknya kelas 6 SD, ketika gua lagi crazy over NKOTB.. hahahaa… motivasi belajar bahasa inggris? Karena gua pengen ngerti idola gua itu ngomong apa..

Lalu gua coba mengingat-ingat lagi.. kapan pertama kali gua belajar bahasa daerah. Kayaknya kalau belajar, ya SD karena dulu, di SD diajarin bahasa sunda. Belum lagi di rumah, si bibi, bisanya cuman bahasa sunda. Tapi untuk fasih? gua ga fasih, cuman kl denger orang ngomong, gua ngerti. Motivasi belajar? Tidak ada… hahahaha murni hanya karena ya ada mata pelajarannya aja di sekolah.

Ortu gua kalau ngomong antar mereka pakai bhs sunda (seringnya), tapi ngomong sama gua sbg anaknya pakai bhs indonesia. Dari kecil, gua berinteraksi bahasa indonesia. Bhs sunda hanya semacam cherry on top aja… kdg memang celetukan2 lebih afdol dan ngena kl pakai bhs sunda… wkwkwkw

Balik lagi ke anak-anak.. Gua sebetulnya ga spesifik merencanakan anak2 gua akan bilingual atau trilingual (karena ada bhs mandarin di sekolahnya). Malah kayaknya dulu itu sebelum anak2 sekolah, gua cenderung rada pesimis dan ngebayangin ya anak gua bahasa indonesia aja. Standar.

Tapi lalu gua entah kenapa, nyekolahin dia di sekolah yang bahasa pengantarnya inggris. Trus di rumah, dylan gua kasih nonton acara anak-anak berbahasa inggris, dia kl nonton youtube, sukanya nonton vlog/video musik anak-anak berbahasa inggris.

Jadi kayaknya tanpa sengaja, ya gua membentuk dia berbahasa inggris, baru indonesia, baru mandarin. Mandarin ini gua anggap kayak bonus aja sih. Ga spesifik mengharuskan dylan bisa. Karena gua sendiri ga ngerti.. wkwkwkwk

Tahun depan, dylan masuk SD. Barulah gua galau karena kayaknya gua akan menyekolahkan dia di sekolah yg berbahasa indonesia. Gua agak khawatir sih gimana dia akan lancar/tidak berinteraksi dengan teman2nya. Sekarang aja dia main ama anak tetangga, si anak tetangga itu kdg bingung dylan ngomong apaan..

Dylan ngerti sih bhs indonesia. Dia ngomong bahasa indonesia. Gua ngomong ama dia juga pake bahasa indonesia. Cuman, dia ini di otaknya kayaknya default nya bhs inggris jadi kl nyeletuk apa gitu, dia otomatisnya kebanyakan bahasa inggris… gua ingin tepok jidat rasanya.. hahahahha

Sebenernya untuk jangka panjang ya bagus sih.. tapi ya tetap gua khawatir aja dia akan bingung dan kesulitan berinteraksi dengan teman2nya..

Jadi ingat, bbrp waktu lalu, gua ke supermarket dan overheard some bule-bule ngomong sama anaknya yang bule pakai bahasa indonesia… sementara, org indo ngomong sama anaknya yang indo pakai bahasa inggris. Ruwet ga tuh.. hahahha..  gua, kl di tempat umum, agak segan sih sbnrnya kl ngomong bhs inggris sama dylan. Secara… woy, kita ini orang indo gituuu.. tapi dylan kan kdg ya ngomong bhs inggris.. nanya apa atau komentarin sesuatu pakai bhs inggris. Tapi trus gua timpalinnya pakai bhs indo… ruwet ruwet sekalian.. wkwkwk..

we live in such a messy messy world

 

 

 

About metalia

not much. Just a simple girl, like simple things, trying to be brave of life, and embrace life even it's scary as hell.

Posted on Agustus 4, 2017, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

